Alasan Jokowi Memilih KH Ma’ruf Amin Jadi Cawapresnya

0
938
Alasan Jokowi Memilih KH Ma'ruf Amin Jadi Cawapresnya

Alasan Jokowi Memilih KH Ma’ruf Amin Jadi Cawapresnya

Jakarta, Joko Widodo akhirnya memilih dan mendeklarasikan KH Ma’ruf Amin sebagai Calon Wakil Presiden yang akan mendampinginya pada pemilu 2019 mendatang, pertimbangan memilih Ma’ruf Amin dikatakan Jokowi cukup banyak, mulai dari pengalaman sebagai tokoh agama maupun tokoh politik.

Saat menggelar prescon deklarasi Calon Wakil Presiden pada Kamis (9/8/2018), Jokowi mengatakan dirinya memutuskan memilih KH Ma’ruf Amin juga atas persetujuan partai-partai koalisi yang bergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja.

“Saya memutuskan dan telah mendapat persetujuan dari partai-partai koalisi yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja bahwa yang akan mendampingi sebagai calon wakil presiden adalah Profesor Kiai Haji Ma’ruf Amin,” Ucap Jokowi.

Jokowi menambahkan, Ma’ruf Amin juga merupakan sosok pemimpin berpengalaman yang saat ini juga menjabat sebagai Ra’is ‘Aam PBNU dan juga Ketua MUI. Dalam hal politik dan kebinekaan, Ma’ruf Amin saat ini juga menjabat sebagai Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

“Tokoh agama yang bijaksana. Beliau pernah duduk di DPRD, DPR, MPR RI,” lanjut Jokowi.

Ketua Umum Rumah Gerakan 98, Bernard AM Haloho menilai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia, Maruf Amin layak dipilih Joko Widodo untuk menjadi calon Wakil Presiden.

Ia menambahkan, bila Jokowi dan Maruf Amin berpadu di Pemilihan Presiden 2019 mendatang, pasangan tersebut merepresentasikan nasionalis dan relijius. Ia juga mengatakan, pasangan ini juga akan meminimalisir polarisasi setelah kontestasi politik 2019. Bahkan, pasangan ini akan mampu mengembangkan ekonomi berbasis syariah yang kini tengah tumbuh di Asia.

“Ekonomi syariah dan koperasi tentu akan mendapatkan posisi yang proporsional. Sebagai negara yang mayoritas berpenduduk Muslim dan terbesar didunia, Ma’ruf amin akan mampu mendampingi Jokowi dalam menghadapi tantangan,” ucapnya.

Enam ketua umum partai koalisi pendukung Jokowi menyatakan tak keberatan Maruf Amin menjadi Cawapres. Mereka beranggapan Maruf layak jadi pendamping Jokowi lantaran merupakan tokoh berlatar belakang Islam non partai. Maruf Amin menegaskan, dirinya siap jika negara memanggil untuk mendampingi Jokowi di pilpres mendatang.

“Kalau kita bangsa, negara, kita para ulama diminta negara harus siap. Itu pasti kita siap,” kata Maruf Amin.

Comments

comments