Alasan Jokowi Pilih 9 Srikandi Indonesia Menjadi Menteri

0
116

Tahukah kita? Setelah 4 tahun memimpin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk 9 (sembilan) perempuan dalam Kabinet Kerja yang dipimpinnya, yang merupakan terbanyak dalam sejarah karena kebiasaan pemerintahan sebelumnya rata-rata hanya ada 3-4 perempuan dalam kabinetnya.

Siapa saja sih 9 menteri perempuan itu? Kesembilan menteri perempuan yang diangkat pada awal Kabinet Kerja adalah: 1. Puan Maharani (Menko PMK); 2. Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan); 3. Siti Nurbaya (Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan); 4. Nila F. Moeloek (Menteri Kesehatan); 5. Susi Pudjiastuti (Menteri Kelautan dan Perikanan); 6. Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri); 7. Rini Soemarno (Menteri BUMN); 8. Yohana Yembise (Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak); dan 9. Khofifah Indar Parawansa (Eks Menteri Sosial).

Lantas apa alasannya hingga menunjuk lebih dari 5 meteri perempuan? “Karena saya yakin kehebatan perempuan, saya juga meyakini ketelitian, ketangguhan dan kesiapan dalam bekerja,” kata Presiden Jokowi tentang alasan kenapa ia memilih 9 orang perempuan menjadi menterinya selama 4 tahun memimpin pemerintahan.

Presiden banyak berharap terhadap peran organisasi perempuan dalam membangun negara ini, dalam membangun Indonesia. Sebab perempuan Indonesia adalah ibu bangsa, yang kelak akan melahirkan generasi-generasi penerus masa depan Indonesia.

Comments

comments