Alasan Jokowi Pimpin Komite Nasional Keuangan Syariah

0
45
Alasan Jokowi Pimpin Komite Nasional Keuangan Syariah

Melalui Perpres Nomor 91 Tahun 2016, pemerintah membentuk Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS). KNKS dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

“Saya ketua KNKS, Komite Nasional Keuangan Syariah. Kenapa saya sendiri? Karena saya melihat Indonesia sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar dunia, ekonomi syariah kita baru 5%. Malaysia 23%. Saudi 51%. UEA 19%,” ujar Jokowi saat silaturahmi dengan kiai dan habib se-Jadetabek di Istana Negara, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (7/2/2019).

Jokowi mengatakan alasan memimpin langsung KNKS lantaran pertumbuhan ekonomi syariah Indonesia masih kalah dengan negara tetangga. Padahal, Indonesia mayoritas berpenduduk Muslim.

“Ini ada sesuatu yang harus kita benahi dan perbaiki. Penduduk kita 250 juta, 87% Muslim. Artinya keuangan syariah dan ekonomi syariah baru 5%” jelas Jokowi.

Jokowi juga mendorong peningkatan kualitas SDM santri, salah satunya dengan membangun balai pelatihan. Tahun ini, Jokowi akan membangun 1.000 balai pelatihan kerja di ponpes.

“Tahun ini juga akan dibangun balai latihan kerja khusus pondok pesantren. Baru 1.000 namun itu sudah banyak. Bangunan plus isinya,” ujar Jokowi.

Setiap ponpes nantinya akan memiliki balai pelatihan kerja sesuai kebutuhan. Misalnya di bidang garmen atau komputer.

“Misalnya pondok ingin skill garmen, ya kita sediakan pelatihan garmen. Ada pondok ingin IT ya siapkan peralatan yang berhubungan dengan IT,” kata Jokowi.

Comments

comments