Arus Mudik Tahun Ini Mendapat Sambutan dan Komentar Positif oleh Masyarakat

0
235
Arus Mudik Tahun Ini Mendapat Sambutan dan Komentar Positif oleh Masyarakat

Arus Mudik Tahun Ini Mendapat Sambutan dan Komentar Positif oleh Masyarakat

Jakarta, Todotua Pasaribu memuji kinerja Presiden Joko Widodo beserta jajarannya dalam menangani Arus Mudik Lebaran tahun 2018. Ini bukti kerja kerasnya dalam mengejar pembangunan infrastruktur moda transportasi darat.

CEO Kopi Politik Inc itu mengatakan tak ada lagi macet di mudik lebaran tahun ini, dan ini adalah rekor.

“Tidak ada lagi berita macet pada arus mudik tahun ini. Bahkan sejumlah rekor mudik tercipta tahun ini,” kata Todotua dalam keterangan persnya, Rabu (13/6/2018).

Di era Pemerintahan Jokowi, dirinya gencar melakukan percepatan pembangunan jalan tol dari Jakarta-Surabaya. Inilah yang membuat Todotua yakin jika lancarnya perjalanan mudik tahun ini tanpa ada kemacetan.

“Saya berharap kinerja positif ini bisa terus dipertahankan. Masyarakat lah yang akan menilai keberhasilan pembangunan infrastruktur pemerintahan Jokowi saat ini,” ungkapnya.

Dengan dibukanya tol fungsional yang menyambungkan Pemalang, Jawa Tengah, hingga Madiun, Jawa Timur, menyebabkan kendaraan roda empat banyak beralih ke jalan tol. Hal ini terlihat dari situasi di Jalan Pantura di daerah Pemalang, Jawa Tengah yang terlihat tidak ramai dengan kendaraan roda empat.

Karena sebelumnya di daerah Kendal memang terjadi sedikit kepadatan karena keluarnya kendaraan dari tol fungsional karena jembatan Kali Kuto yang belum selesai.Namun selepas exit tol fungsional Kendal tersebut jalanan kembali lancar karena kendaraan yang akan menuju Madiun kembali diarahkan ke tol fungsional.

Sejak H-7 menyusuri Jakarta hingga Kendal, arus lalu lintas terpantau ramai lancar. Tidak ada kepadatan yang signifikan dan terlalu panjang, karena pihak kepolisian terus memberlakukan rekayasa lalu lintas.

“Saya senang sekali sekarang ke Yogyakarta cuma 11 jam, termasuk sudah dua kali istirahat di rest area. Saya pernah tuh ke Yogyakarta sampai 20 jam,” tutur penasihat Toyota Innova Owner Club Indonesia (TIOCI), Sutoto Tri Handono, Senin (11/6).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa puncak arus mudik sudah berlalu yakni pada H-7 (Jumat, 8/6), sedangkan puncak arus balik diperkirakan terjadi 19-20 Juni 2018.

“Saat ini yang mudik memang masih ada, tapi bukan puncaknya. Secara umum pelaksanaan mudik berkalan lancar dan aman,” kata Menhub

Terkait kesiapan arus balik, Budi Karya mengatakan, pemerintah juga telah siap mengantisipasi terjadi lonjakan pada 19-20 Juni 2018. Dari hasil evaluasi saat ini, hal yang perlu dilakukan kedepan adalah menambah tempat istirahat untuk pemudik terutama di jalan tol.

Tak hanya itu, pemerintah pada tahun depan juga ingin meningkatkan kapasitas tampung untuk penumpang bus, kereta api, kapal laut, dan pesawat udara. Kementerian Perhubungan mengklaim arus mudik Lebaran 2018 lebih lancar ketimbang tahun sebelumnya.

Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil pemantauan Kemenhub dari H-8 atau Kamis (7/6) hingga H-3 atau Selasa (12/6). Kemenhub mencatat sebanyak 1,4 juta kendaraan keluar dari Jakarta sejak H-8 atau Kamis (7/6) hingga H-4 atau Senin (11/6). Kendaraan-kendaraan tersebut keluar dari Ibu Kota melalui ruas tol maupun jalur arteri.

Berdasarkan data yang ada di Posko Nasional Angkutan Mudik Lebaran 2018 Kemenhub, perjalanan mudik tahun ini lancar, sangat jauh jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Comments

comments