Blusukan Jokowi Menjadi Salah Satu Faktor Utama Menurun Angka Kemiskinan

0
173
Blusukan Jokowi Menjadi Salah Satu Faktor Utama Menurun Angka Kemiskinan

Blusukan Jokowi Menjadi Salah Satu Faktor Utama Menurun Angka Kemiskinan

Jakarta, blusukan dan turun langsung ke lapangan adalah salah satu faktor utama berhasilnya Presiden Joko Widodo menurunkan angka kemiskinan di Indonesia selama empat tahun terakhir ini.

Badan Pusat Statistik (BPS) telah merilis data tentang penurunan angka kemiskinan (penduduk dengan pengeluaran per kapita per bulan di bawah garis kemiskinan) di Indonesia sebesar 630 ribu orang. Kini jumlah penduduk miskin di Indonesia menjadi 25,95 juta orang atau 9,82 persen per Maret 2018, dibandingkan per September 2017 sebanyak 26,58 juta orang atau 10,12 persen.

Menteri Sosial Idrus Marham sangat yakin dan semakin optimis jika pada awal tahun 2019 angkanya mencapai 9 atau 9,3 persen.

“Target kita akhir tahun 2018 masuk ke tahun 2019 angka kemiskinan turun lebih rendah dari posisi sekarang 9,82 persen. Apakah kita bisa mencapainya, tentu saja bisa karena kita memiliki komitmen dan motivasi yang sama yakni pengabdian kepada masyarakat,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Idrus mengungkapkan bahwa ada tiga faktor yang sangat memperngaruhi penurunan kemiskinan, yang pertama adalah berorientasi kepada pemenuhan kebutuhan rakyat, yaitu berkomitmen dalam menyelesaikan masalah rakyat dan berfokus pada tujuan utama manfaat bantuan sosial itu sendiri.

“Intinya pahami masalah rakyat, penuhi kebutuhannya, lalu wujudkan apa yang menjadi harapan mereka,” tutur Mensos.

Yang kedua adalah bersinerginya pemerintah dan lembaga-lembaga negara, seperti Bulog, Himbara dan sebagainya serta sinergitas antara pemerintah dengan berbagai elemen masyarakat.

Kemudian yang ketiga adalah kepemimpinan Joko Widodo sendiri, yang langsung turun ke lapangan untuk memastikan bahwa seluruh kebijakan dan program pembangunan nasional berjalan secara baik dan efektif, guna mempertahankan prestasi pembangunan dan memastikan target penurunan angka kemiskinan di Indonesia tercapai.

Program-program Kementrian Sosial memang menjadi salah satu perhatian lebih dai Presiden dalam empat tahun belakangan ini. Setiap kali Presiden datang ke daerah, beliau selalu membagikan sendiri kartu PKH kepada masyarakat

Comments

comments