Boyolali Patut Dijadikan Contoh Dalam Upaya Pencegahan Korupsi

0
15

Boyolali Patut Dijadikan Contoh Dalam Upaya Pencegahan Korupsi

Dari survei yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Boyolali menempati urutan pertama dalam upaya pencegaha tindak korupsi.

Presiden Jokowi mengapresiasi beberapa daerah yang memiliki komitmen melakukan pencegahan korupsi tertinggi. Penilaian tersebut berasal dari survei yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Untuk tingkat kota, DKI Jakarta dan Jawa Tengah menjadi wilayah dengan komitmen pencegahan korupsi tertinggi. Untuk tingkat kabupaten, Boyolali menempati urutan pertama.

“Rangkingnya saya lihat DKI Jakarta dan Jawa Tengah menjadi urutan pertama dan kedua. Kalau kabupaten saya lihat Boyolali menjadi urutan pertama,” ujar Jokowi di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (4/12/2018).

Jokowi menegaskan, salah satu penilaian tersebut berdasarkan instansi yang tidak memberlakukan birokrasi yang berbelit-belit dalam melayani masyarakat. Semakin mudah sebuah instansi melakukan pelayanan, maka semakin kecil praktek suap terjadi.

Dengan melihat hal tersebut, Jokowi mengimbau kepada daerah lainnya untuk mencontoh DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Boyolali dalam hal pencegahan korupsi.

“Ayo bagi semua instansi ikuti Boyolali, ikuti DKI, ikuti Kemenkeu, kan gampang menjadi percontohan. Memfoto copy kita paling pinter di situ,” tutupnya.

Comments

comments