Dana Desa Berinovasi Agar Lebih Tepat Sasaran

0
46
Dana Desa Berinovasi Agar Lebih Tepat Sasaran

Dana Desa Berinovasi Agar Lebih Tepat Sasaran

Pemberian dana desa diharapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak hanya digunakan untuk pembangunan infrastruktur, tetapi mulai dimanfaatkan untuk pemberdayaan manusia, dan inovasi ekonomi. Jokowi mengatakan Program Dana Desa yang telah dijalankan oleh pemerintah selama 4 tahun merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada desa.

Hingga kini sudah Rp 187 triliun digelontorkan pemerintah untuk pembangunan desa di seluruh Tanah Air, tahun depan ditambah lagi Rp 70 triliun. Untuk itu, Jokowi mengajak semua pihak terutama para pendamping desa untuk terus mendampingi dana desa ini sehingga penggunaannya tepat sasaran dan memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat yang ada di desa.

Jokowi memaparkan dana desa bisa dimaksimalkan dengan berbagai inovasi, salah satunya bekerja sama dengan pelaku industri. Dengan begitu, masyarakat desa akan terhindar dari persoalan ekonomi. “Saya titip Pak Menteri (Eko Putro Sandjojo) bekerja sama dengan industri-industri, perusahaan-perusahaan, sehingga produksi dari desa dapat terserap,” ucapnya.

“Ini yang namanya dana desa, negara lain mulai meniru kita. Bank Dunia mengatakan banyak negara yang ingin meniru dana desa. Banyak sekali yang ingin melihat caranya seperti apa, transfernya seperti apa, penggunaannya seperti apa,” tutur dia.

Jokowi berharap desa-desa bisa memunculkan potensi wisata yang dimilikinya. “Hal-hal inovasi seperti ini saya lihat di Banten miliki potensi yang bisa dikembangkan,” ujar Jokowi. Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo menegaskan hal itu sedang dilakukan pihaknya. “Pemerintah melakukan inovasi Dana Desa,” katanya usai acara.

Pemerintah saat ini mulai menggalakkan Program Inovasi Desa (PID). Program ini telah menjadi salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya penurunan angka kemiskinan di desa-desa. Bahkan menurutnya, penurunan kemiskinan di desa lebih tinggi daripada di kota.

Comments

comments