Di Era Jokowi, Dibangun LRT Pertama di Dunia yang Melintasi Sungai

Di Era Jokowi, Dibangun LRT Pertama di Dunia yang Melintasi Sungai

0
456
LRT Pertama di Dunia yang di Bangun Melintasi Sungai

Jakarta, Light Rail Transit (LRT) Palembang adalah LRT pertama yang beroprasi di Indonesia yang berjalan melintasi sungai. LRT yang di bangun dengan menggunakan APBD tersebut dijadwalkan akan beroperasi pada bulan Juli ini.

Jalur LRT Palembang ini membentang sepanjang 24 km yang juga LRT yang pertama di dunia yang melintasi sungai. Jalur LRT Palembang ini melintasi sungai Musi yang berdampingan dengan jembatan Ampera.

“Ini adalah satu-satunya LRT di dunia yang menyeberangi sungai, yaitu sungai Musi,” kata Gubernur Alex Noerdin dalam diskusi road to Asian Games 2018 di Hotel Le Meriden beberaoa waktu lalu di Jakarta, Rabu (2/5/2018).

LRT Palembang menjadi transportasi esensial yang mendukung mobilisasi atlet pada penyelenggaraan Asian Games 2018 di Palembang Agustus mendatang. Dengan panjang 24 km dan singgah di 13 stasiun, LRT Palembang akan mengantarkan atlet mulai dari Bandara hingga Jakabaring Sport Center tempat para atlet mulai dari menginap, latihan hingga bertanding.

“Kemudian hydrogen car akan menyambut di Jakabaring untuk mengantar para atlet. Jakabaring menjadi satu-satunya tempat olahraga yang terintegrasi di dunia yang bisa dicapai oleh lima akses, yaitu satu jalan tol, dua jembatan baru, satu jembatan lama dan LRT,” kata Alex.

Progres pembangunan LRT Palembang saat ini sudah mencapai 89,4%. Delapan gerbong kereta LRT sudah tiba di depo dan dipastikan siap dipakai pada Juli mendatang setelah selesai mengikuti tahapan uji coba pada Juni nanti.

 

Comments

comments