Dukungan Dari Dalam dan Luar Negeri

0
94
Dukungan Dari Dalam dan Luar Negeri

Dukungan Dari Dalam dan Luar Negeri

Bertepatan dengan peringatan Hari pahlawan 10 November 2018, masyarakat Indonesia di New York mendukung Jokowi karena mereka menilai Jokowi telah berhasil melakukan perbaikan di berbagai bidang di Tanah Air serta telah mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Mereka memandang Jokowi bersama KH Ma’ruf Amin, sangat layak memimpin Indonesia untuk periode 2009-2024.

Masyarakat Indonesia di New York, Amerika Serikat, menyatakan dukungannya kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin. Dukungan itu mereka ungkapkan dalam acara bertajuk “Rally New York for Jokowi & Ma’ruf” di Time Square, New York, Sabtu (10/11) waktu setempat.

Deklarasi dukungan ini merupakan yang kedua setelah dua pekan lalu mereka menggelar acara serupa di dalam ruangan di Kota New York. Mereka akan menggelar acara serupa beberapa kali lagi hingga menjelang Pilpres April tahun depan untuk menggalang dukungan kepada Jokowi-Ma’ruf.

Sementara itu di jawa Timur, relawan pendukung Khofifah Indar Parawansa – Emil Elistyanto Dardak di Pilkada Jawa Timur berevolusi menjadi relawan pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019 mendatang. Di Jawa Timur, kelompok relawan yang bernama Barisan Relawan Pendukung Jokowi (Barkod Jokowi), bertugas merebut swing voters atau massa mengambang yang belum menentukan pilihan di Pilpres 2019 berdasarkan hasil sejumlah lembaga survei.

“Barkod Jokowi akan merangkul swing voters dari kalangan profesional dan milenial,” kata Ketua Umum Barkod Jokowi, Zahrul Azhar Asad, Sabtu (10/11/2018). Berdasarkan hasil survei elektabilitas pasangan capres dan cawapres yang akan berlaga di Pilpres 2019 oleh Litbang Kompas pada 24 September-5 Oktober 2018, jumlah swing voters mencapai 14,7 persen.

Relawan pendukung Khofifah-Emil, sebelumnya sudah membentuk relawan khusus bernama Jaringan Kyai Santri Nasional (JKSN). “Barkod beda dengan JKSN. Jika JKSN bergerak dengan pendekatan religius dan kultural, Barkod memilih wilayah profesional dan milenial,” tambahnya.

Comments

comments