Gagasan Cemerlang Jokowi Bentuk Pusat Legislasi Nasional

0
34
Gagasan Cemerlang Jokowi Bentuk Pusat Legislasi Nasional

Calon presiden Joko Widodo akan membentuk Pusat Legislasi Nasional bila kembali terpilih dalam Pilpres 2019. Gunanya untuk mengatasi tumpang tindihnya peraturan daerah dengan peraturan di tingkat pusat. Gagasan itu terlintas oleh Jokowi saat debat perdana capres dan cawapres beberapa waktu lalu.

Atas gagasan itu, Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin, Hasto Kristiyanto mengatakan, gagasan Jokowi membentuk Pusat Legislasi Nasional adalah untuk mengatasi ego sektoral yang selama ini terlalu banyak pintu.

“Upaya Bapak Presiden mengatasi ego sektoral ditinjau dari regulasi dengan membentuk badan legislasi yang mengintegrasikan seluruh persiapan-persiapan fungsi legislasi perancangan Undang Undang DPR dalam satu pintu, satu atap merupakan hal yang sangat baik,” kata Hasto, Minggu (20/1/2019).

Orang yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan itu juga berkata, Pusat Legislasi Nasional untuk mengharmoniskan aturan di tangan presiden, dan nantinya wacana tersebut tepat untuk menjawab inkonsistensi legislasi.

“Karena itulah terhadap legislasi ini justru menjawab berbagai inkonsistensi dalam fungsi legislasi, berbagai tumpang tindih legislasi untuk diharmonisasikan dengan baik,” kata Hasto.

Pusat Legislasi Nasional diharapkan dapat membendung ego sektoral di tingkat menteri. Perbedaan aturan itu terjadi pada era presiden sebelum Jokowi karena saling beda visi misi antarmenteri. Berbeda antara satu kementerian dan kementerian lain karena ego sektoral ini yang ingin diluruskan oleh Pak Jokowi dalam satu kebijakan termasuk di dalam merancang peraturan-peraturan pelaksana Undang Undang agar tidak saling tumpang tindih.

Comments

comments