HORAS OPUNG KYAI !

0
43
HORAS OPUNG KYAI !

HORAS OPUNG KYAI !

Rupanya kedatangan Cawapres, Kyai Ma’ruf Amin, di Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) sudah dinantikan oleh warga. Tiba di Balige, Ma’ruf langsung Salat Jumat di Masjid Al-Hadonah bersama warga, Jumat (5/10/2018).

Selepas menjalankan ibadah salat Jumat di Masjid Al-Hadhonah, Balige, Sumut, Ma’ruf Amin mendatangi dan menyapa warga. Mereka ternyata setia menunggu Ma’ruf Amin di depan masjid.

Warga berebut bersalaman seraya berteriak menyapa, “Horas, Opung Kiai,” kata warga. “Horas… horas… horas…,” sapa balik Ma’ruf kepada warga. Warga bergantian ingin menjabat tangan Ma’ruf Amin. “Assalamualaikum, Pak,” kata salah satu warga. Ratusan warga mendekati Ma’ruf untuk bersalaman dengan cawapres pendamping Jokowi tersebut.”Aku bisa salaman dengan Opung Kiai,” timpal warga lain setelah bersalaman.

Dari masjid, Ma’ruf Amin menuju makam Sisingamangaraja di Toba Samosir. Tiba di lokasi makam Sisingamangaraja XII, Kyai Ma’ruf disambut Tokoh adat masyarakat Batak. Tokoh adat Batak memberikan kain ulos sebelum Ma’ruf Amin berziarah ke makam pahlawan nasional dari Sumut itu.

“Rasanya saya mendapat kehormatan yang tidak pernah saya dapatkan. Dan saya juga diberi ulos sebagai satu penghargaan tinggi untuk masyarakat Batak kepada saya, padahal saya belum jadi wakil presiden, baru calon,” kata Ma’ruf usai berziarah. Ma’ruf kemudian berbicara tentang jasa Raja Sisingamangaraja XII. Dia menyebut Raja Sisingamangaraja XII berkorban demi bangsa dan negara.

Comments

comments