Ingin Pemerataan Pembangunan, Jokowi Bangun Bandara di Berbagai Pulau

0
59
Ingin Pemerataan Pembangunan, Jokowi Bangun Bandara di Berbagai Pulau

Ingin Pemerataan Pembangunan, Jokowi Bangun Bandara di Berbagai Pulau

Baru 4 tahun memerintah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) telah menyelesaikan pembangunan 10 bandar udara (bandara) yang dimulai pada periode 2015-2018. Pembangunan bandara ini telah dilakukan di berbagai pulau, mulai dari Papua sampai Kalimantan.

Beberapa bandara yang sukses dibangun adalah Bandara Maratua di kabupaten Berau, bandara Kertajati di Majalengka, Bandara Morowali di kabupaten Morowali, dan Bandara Werur yang berdekatan dengan kawasan wisata Raja Ampat.

Sama halnya dengan jalur darat, pembangunan di era Jokowi ikut berfokus pada revitalisasi. Sebanyak 408 bandara telah direvitalisasi dan dikembangkan. Bandara-bandara tersebut berada di daerah rawan berencana, terisolasi, dan wilayah perbatasan.

Infrastruktur bandara ini sangat penting agar bisa mendorong kelancaran akses, khususnya di bidang perhubungan udara pada seluruh masyarakat yang ada. Untuk memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat antar pulau yang selama ini sulit terjangkau transportasi.

Pembangunan jalur udara memberi hasil ekonomi signifikan bagi daerah terpencil atau sulit dijangkau. Sebab, terjadi penurunan selisih harga kebutuhan pokok sebesar 57,21 persen berkat transportasi udara.

Comments

comments