Jokowi Akan Gunakan Dana Desa Untuk Membangun SDM Desa

0
24
Jokowi Akan Gunakan Dana Desa Untuk Membangun SDM Desa

Presiden RI Joko Widodo ingin ke depannya dana desa digunakan untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM) melalui sektor ekonomi dan inovasi.

Saat ini, dana desa baru digunakan untuk pembangunan infrastruktur.

“Ke depan mulai sedikit digeser ke hal yang berkaitan dgn ekonomi dan inovasi. Kalau ada produk-produk di desa, produk lokal yang memiliki keunggulan di situ, distudikan agar jadi produk berkualitas dan memiliki daya saing,” ujar Jokowi ketika memberi pengarahan untuk kepala desa dalam acara silaturahim nasional “Bersatu Desa Maju”, di Stadion Tennis Indoor, Senayan, Jakarta, Rabu (10/4/2019).

Jokowi mengatakan, produk-produk dari desa sebenarnya tidak kalah dibandingkan produk yang telah dipasarkan secara nasional.

Namun, terkadang kemasan dan mereknya belum dibuat menarik. Dia ingin produk lokal yang berkualitas didorong dengan dana desa agar terangkat ke tingkat nasional.

“Ini ke depan mulai dipikirkan ke arah situ. Produk-produknya banyak sekali, produk di desa punya keunggulan tapi enggak bisa diangkat karena urusan-urusan kecil tadi. Kemasan kurang baik, label namanya, ya hal-hal kecil seperti itu. Bukan karena barangnya,” ujar dia.

Setelah hal kecil itu teratasi, kata Jokowi, masyarakat desa bisa memanfaatkan situs jual beli online untuk memasarkan barang mereka.

Adapun, sampai tahun 2019, Jokowi mengatakan pemerintah sudah mengucurkan dana desa sebesar Rp 257 triliun.

Selama empat tahun, dana desa telah digunakan untuk membangun infrastruktur di desa, di antaranya 191.000 kilometer jalan di desa, 58.000 unit irigasi, dan lainnya.

Jokowi berjanji alokasi dana desa akan semakin ditingkatkan pada tahun mendatang.

Comments

comments