Jokowi Ingin ASN Bersiap Jadi Agen Transformasi Tingkatkan SDM

0
50

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) bersiap diri menjadi agen transformasi untuk membangun sumber daya manusia (SDM). Presiden yakin, ASN mampu berperan dalam upaya memperkuat kualitas SDM bangsa.

“Saya minta pada seluruh jajaran ASN agar segera memperkuat diri agar menjadi agen transformasi, menjadi agen-agen transformasi penguatan SDM kita, menjadi agen-agen transformasi dalam membangun talenta-talenta anak bangsa,” kata Jokowi saat menghadiri HUT Korpri di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (29/11).

Pembangunan SDM ini merupakan program lanjutan setelah pemerintah fokus pada pembangunan infrastruktur dalam empat tahun terakhir ini. Setelah membuka keterisolasian di berbagai daerah dan membangun konektivitas, pemerintah ingin memperkuat dan meningkatkan kualitas SDM seluruh masyarakat Indonesia.

Dia melanjutkan, jajaran ASN telah menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan menjadi motor penting dalam pembangunan nasional. Jajaran ASN juga ikut serta menjadi teladan masyarakat dalam mengedepankan budi pekerti, etika dan profesionalisme.

“Atas peran-peran besar tersebut, atas nama seluruh rakyat lndonesia saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya. Apa yang telah kita capai sampai hari ini, tidak terlepas dari peran serta jajaran ASN yang bekerja di semua sektor, semua level pemerintahan, dan semua wilayah di lndonesia serta perwakilan di luar negeri,” tuturnya.

Kendati demikian, Jokowi ingin agar ASN terus meningkatkan upayanya untuk memajukan bangsa. Selain itu, ia juga meminta ASN untuk menyesuaikan diri dengan perubahan zaman, termasuk revolusi industri 4.0 yang telah membawa perubahan lanskap sosial, lanskap politik, dan lanskap budaya.

Perkembangan teknologi saat ini mempermudah cara kerja birokrasi. Namun, di sisi lain, masyarakat juga menuntut ASN agar memberikan pelayanan yang lebih baik dengan memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang ini.

Comments

comments