Jokowi Instruksikan Menkopolhukam, BNPB, dan TNI Segera Tangani Korban Bencana

0
34
Jokowi Instruksikan Menkopolhukam, BNPB, dan TNI Segera Tangani Korban Bencana

Jokowi Instruksikan Menkopolhukam, BNPB, dan TNI Segera Tangani Korban Bencana

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan dukacita mendalam atas bencana gempa dan tsunami yang terjadi di Kabupaten Donggala, Kota Palu, Sulawesi Tengah. “Saya dan kita semua ikut berduka cita atas terjadinya gempa dan tsunami yang terjadi di Donggala, di Palu, dan sekitarnya,” ujar Jokowi dalam pernyataan resmi di kediamannya di Solo, Jumat, 28 September 2018.

Sebelumnya, Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam siaran persnya mengumumkan, gempa bumi tektonik telah terjadi di Kabupaten Donggala pada Jumat (28/9) pukul 17.02.44 WIB dengan magnitudo 7,4, kedalaman 11 km. Sementara di Palu dengan magnitudo 5,9 km dengan kedalaman 10 km terjad pukul 17.25.07 WIB.

Gempa tersebut disusul dengan tsunami yang menghantam kota Palu dan Kabupaten Donggala dengan ketinggian air hingga 3 meter. Hingga Jumat malam ini (28/09/2018) hubungan telekomunikasi sempat terputus. Sehingga belum dapat dipastikan jumlah korban meninggal dan luka, serta jumlah banguan yang rusak terdampak.

Menurut Jokowi, sejak sore tadi dirinya telah mencoba menghubungi Gubernur Sulawesi Tengah untuk mengetahui keadaan di sana. Namun, upaya tersebut masih belum berhasil karena sambungan komunikasi yang terganggu.

Ia pun langsung memerintahkan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto, untuk mengkoordinasikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan TNI agar melakukan penanganan darurat atas peristiwa ini.

Comments

comments