Jokowi Kejar Target Bangun Tol Jelang Pemilu dan Lebaran

0
61
Jokowi Kejar Target Bangun Tol Jelang Pemilu dan Lebaran

Jokowi Kejar Target Bangun Tol Jelang Pemilu dan Lebaran

Presiden Joko Widodo targetkan jalan tol untuk kepentingan pemilu. Salah satu tol yang dipatok waktunya adalah ruas Bakauheni hingga Palembang sepanjang 350 kilometer.

Saat berada di acara CEO Forum, Selasa (27/11/18). beliau sempat bercerita soal target tol yang rampung hingga Palembang pada Mei atau Juni mendatang. Namun Jokowi meminta agar tol tersebut dirampungkan di April

Kepala Negara mengatakan hal ini agar tol dapat digunakan untuk mudik lebaran. Namun dia juga tidak menutup kemungkinan bahwa kepentingan pemilu juga menjadi alasan.

Bahkan di acara BI, secara terus terang dia menyatakan faktor lebaran dan pemilu menjadi alasan perintah mempercepat pengerjaan tol tersebut.

“Termasuk untuk pemilu itu juga, kita blak-blakan saja,” katanya,

Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar semula akan selesai Desember tahun ini. Selain tol tersebut, tol Jakarta-Surabaya juga akan tersambung pada bulan yang sama. Sedangkan perpanjangan hingga Banyuwangi akan selesai akhir 2019 mendatang.

Bukan hanya tol, Jokowi juga menyebut infrastruktur lain seperti pelabuhan akan segera rampung. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut mengatakan pelabuhan Kuala Tanjung dan Makassar New Port akan selesai dalam dua bulan ke depan.

Selain itu, Presiden menunggu landas pacu ketiga Bandara Soekarno Hatta selesai akhir tahun depan. Sayangnya, lantaran pembebasan lahan, pembangunannya terpaksa mundur hingga pertengahan tahun 2019.

“Termasuk east cross (jalan penyeberangan pesawat sisi timur) juga telat,” kata Jokowi.

Pengembangan infrastruktur bandara Soekarno Hatta dirasa penting lantaran banyak penerbangan yang berminat masuk. Sejumlah negara telah menawarkan diri untuk menambah penerbangannya ke Jakarta, di antaranya maskapai dari India, Qatar, Uni Emirat Arab, Cina, dan Thailand.

Comments

comments