Jokowi: “Pangkas semuanya. Pangkas regulasi yang mempersulit, pangkas!”

0
21
Jokowi: "Pangkas semuanya. Pangkas regulasi yang mempersulit, pangkas!"

Jokowi: “Pangkas semuanya. Pangkas regulasi yang mempersulit, pangkas!”

Menghadapi era digital dan perdagangan bebas, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan adanya fakultas dan program studi baru yang menyesuaikan perkembangan jaman.

Hal tersebut diungkapkan Jokowi saat menerima audiensi pejabat eselon I, eselon II, pimpinan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Pertemuan dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (10/10).

Dalam pertemuan, Jokowi menegaskan regulasi yang mempersulit atau menghambat perkembangan perguruan tinggi harus dipangkas. Jokowi tidak ingin para dosen lebih sibuk mengurus persoalan administratif daripada mengajar.

“Pangkas semuanya. Pangkas regulasi yang mempersulit, pangkas!” tegas dia.

Jokowi mengingatkan bahwa saat ini adalah era kompetisi. Oleh karenanya, yang lambat akan ditinggal oleh yang cepat melihat peluang. Kepala Negara ingin perguruan tinggi menangkap peluang yang ada dengan mendirikan prodi, jurusan atau fakultas baru yang menyesuaikan perkembangan zaman.

Kepada pejabat eselon I dan II kemenristekdikti, Jokowi mengingatkan untuk mempermudah pengembangan perguruan tinggi. Termasuk memudahkan proses penelitian di Tanah Air.

“Saya tidak mau mendengar dosen lebih sibuk mengisi form daripada mengajar, sibuk buat form-form. Saya tidak mau lagi melihat peneliti sibuk membuat SPJ daripada urus substansi penelitiannya. Karena itu, wajib urusan SPJ pangkas saja. Pak Dirjen, Direktur, pangkas. Saya cek nanti, saya cek ini,” pungkasnya.

Comments

comments