Jokowi Peduli Penyandang Difabel

0
32
Jokowi Peduli Penyandang Difabel

Jokowi Peduli Penyandang Difabel

Jokowi Gunakan Bahasa Isyarat Dalam Pembukaan Asian Para games 2018
Presiden Joko Widodo membuka secara resmi Asian Para Games 2018 dengan menggunakan bahasa isyarat.
“Atas nama seluruh rakyat indonesia saya bangga menyambut kehadiran tamu-tamu istimewa dari 43 negara. Melalui Asian Para Games 2018 ini kita ingin merayakan persaudaraan. Kita menunjukkan kegigihan dan prestasi serta menjunjung tinggi kemanusiaan. Mengucap Bismillahirrohmanirrohim saya nyatakan dengan resmi Asian Para Games dibuka. Selamat berjuang, sukses,” ucap Jokowi dalam pidatonya sambil menggunakan bahasa isyarat.

Jokowi pun kembali menggunakan bahasa isyarat saat menyambut defile kontingen atlet Indonesia yang masuk ke arena GBK. Kedua tangannya bergoyang-goyang. Tangan kiri Jokowi mengarah ke atas, sambil jari jemarinya memutar-mutar. Sementara tangan kanannya menepuk lengan tangan kirinya. Goyangan tangan Jokowi itu merupakan gabungan gerakan bahasa isyarat untuk tuna wicara dan tuli.

Jari jemari yang memutar-mutar mengarah ke atas biasa diguanakan untuk bahasa isyarat penderita disabilitas tuli. Sementara, tangan kanan yang menepuk tangan kiri, biasa digunakan untuk bahasa isyarat penderita tuna wicara. Gerakan itu sebagai bentuk ekspresi bahagia atau bertepuk tangan.

Comments

comments