Jokowi Tekankan Pendekatan Serius Dengan Amerika Dalam KTT ASEAN

0
115
Jokowi Tekankan Pendekatan Serius Dengan Amerika Dalam KTT ASEAN

Dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-6 ASEAN-AS di Singapura, Presiden Joko Widodo mengatakan, kerja sama antara ASEAN dengan Amerika Serikat selama ini sangat produktif bagi kedua belah pihak. Hal ini dapat dilihat dari nilai perdagangan dan investasi dari tahun ke tahun yang semakin meningkat.

Ekspor barang dan jasa AS ke ASEAN meningkat kurang lebih 81 persen pada satu dekade terakhir ini. Aktivitas perdagangan itu telah menciptakan lebih dari 550.000 lapangan pekerjaan di AS dan lebih dari 3.000 perusahaan AS beroperasi di negara-negara ASEAN.

“Sebaliknya, investasi ASEAN di AS juga meningkat 1.000 persen, dari 2,3 miliar dolar AS pada tahun 2004 menjadi lebih dari 26 miliar dollar AS pada 2015,” ujar Presiden Jokowi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-6 ASEAN-AS di Singapura, Rabu (15/11/2018).

Hubungan ekonomi ASEAN-AS sudah bukan lagi tentang perhitungan surplus atau defisit. Kerja sama ASEAN-AS bukan ‘zero sum game’, namun kerjasama yang saling menguntungkan. Nilai kerja sama ekonomi Indonesia lebih dari sekadar suprlus dan defisit perdagangan saja.

Presiden Jokowi juga mengingatkan bahwa berdasarkan prediksi, perekonomian di ASEAN akan tumbuh sebesar 5 persen setiap tahunnya. Dengan demikian, ASEAN akan menjadi kawasan dengan ekonomi terbesar keempat dunia pada 2050 setelah China, India dan Amerika Serikat sendiri.

Dalam kesempatan itu Presiden Jokowi mengajak AS untuk tetap menjalin, bahkan memperkuat hubungan dengan negara-negara di ASEAN. Masing-masing pihak tidak dapat memalingkan diri. Pasalnya, kerjasama dan kolaborasi sudah terbukti membawa kemajuan, baik bagi ASEAN, maupun Amerika Serikat.

“Untuk itu, marilah kita perkuat sistem perdagangan yang telah kita bangun bersama, yang bebas, adil dan inklusif,” tutup Jokowi.

Comments

comments