Maklumat Pesantren Lirboyo Untuk Dukung Jokowi – Kyai Ma’ruf

0
66
Maklumat Pesantren Lirboyo Untuk Dukung Jokowi - Kyai Ma'ruf

Pondok Pesantren Lirboyo di Kediri, Jawa Timur, mengeluarkan maklumat masyayikh (para kiai) untuk Pilpres 2019. Maklumat kiai itu ditujukan ke santri untuk memilih capres nomer 01.

Di dalam maklumat tersebut, Lirboyo meminta para santri dan alumninya untuk ikut memenangkan pasangan calon (paslon) yang diusung koalisi sembilan partai ini.

“Memang, pengasuh pesantren akhirnya menandatangani maklumat untuk santri dan alumni. Isinya, satu di antaranya untuk memilih pasangan calon nomor urut 01,” kata KH Oing Abdul Muid Shohib, perwakilan keluarga pengasuh pesantren Lirboyo, Kediri, Rabu (13/3/2019).

Maklumat tersebut menurut KH Kafabihi merupakan respons pesantren atas banyaknya alumni yang menunggu arahan dan sikap resmi para masyayikh (kiai) Pesantren Lirboyo pada Pilpres 2019 ini.

Menurutnya, di lapangan juga kerap dilakukan konsolidasi dengan para alumni untuk mewujudkan dukungan itu.

Tak sekadar memilih, para alumni dan keluarga santri Lirboyo juga diminta untuk menyosialisasikan paslon Jokowi-Ma’ruf ke para kerabat.

“Harapan kami, bisa ikut serta berpartisipasi untuk pemenangan 01. Minimal, mereka bersama keluarga,” kata Wakil Sekretaris PP Himasal ini.

Menurut Wakil Ketua DPRD Kota Kediri ini, satu di antara alasan Ponpes mengeluarkan maklumat ini karena mempertimbangkan figur Kiai Ma’ruf yang merupakan representasi ulama dari Nahdlatul Ulama (NU) ini.

“Di Maklumat memang tak disebutkan alasannya. Namun, pada prinsipnya, wajar kalau santri ikut kiai. Itu sudah menjadi alasannya,” kata Ketua Dewan Tandfidz PKB Kediri ini.

Comments

comments