Ma’ruf Amin Keturunan Raja Madura

0
181
Ma'ruf Amin Keturunan Raja Madura

Ma’ruf Amin Keturunan Raja Madura

KH Ma’ruf Amin disambut ribuan tokoh masyarakat dan warga Bangkalan, Madura, pada hari Jumat (19/10/2018). Kunjungan Ma’ruf ke Madura kali ini digelar di dua lokasi. Salah satunya di Pesantren Hidayatulloh Al-Muhajirin, Arosbaya, Bangkalan.

Di hadapan ribuan tokoh dan warga Bangkalan, Kiai Ma’ruf menyatakan kecintaannya kepada Madura. Mantan Rais Aam PBNU itu menceritakan bahwa dirinya memiliki darah Madura dari para tokoh dan raja di Madura pada masa lampau.

Darah Madura yang mengalir dalam diri Ma’ruf Amin berasal dari Kiai Demang Arosbaya, “Saya keturunan Madura dari Kiai Demang Plakaran, Arosbaya, Bangkalan. Beliau mempunyai anak bernama Raden Kiai Pragalba. Lalu cucu beliau yang di Pamekasan kemudian diperistri Raja Sumedang Larang yang kemudian diberi gelar Nyai Ratu Harisbaya yang diambil dari Arosbaya. Dari sana kemudian lahir mbah-mbah saya,” ujar Kiai Ma’ruf yang disambut ucapan Takbir dan tepuk tangan hadirin.

Kiai Demang sendiri adalah salah seorang raja di Bangkalan. “Karena saya berdarah Madura, mana mungkin saya lupa Madura,” imbuh cicit Syekh Nawawi Al Bantani, seorang ulama asal Banten yang pernah menjadi Imam Masjidil Haram itu.

Comments

comments