Masyarakat Jabar Puas Terhadap Jokowi

0
43
Masyarakat Jabar Puas Terhadap Jokowi

Masyarakat Jabar Puas Terhadap Jokowi

Indopolling mengeluarkan hasil rilis survei terbaru yang mengejutkan. Pasangan petahana Joko Widodo-Ma’ruf Amin mampu unggul di Jawa Barat, yang notabennya merupakan basis dari koalisi Prabowo Subianto-Sandiaga S Uno.

Menanggapi itu, Ma’ruf menilai keunggulannya di ceruk lawan ini tak lepas dari kinerja Jokowi selama menjadi Presiden di periode pertama. Masyarakat di tanah priangan diperkirakan menikmati banyak keuntungan dari kinerja pemerintah selama ini.

Pernyataan Ma’ruf ini terbukti dari hasil survei sebelumnya, Survei Indopolling Network menunjukan hanya 37,6% warga Jabar menilai Jokowi tidak berhasil. Dan 7,5% lainnya menjawab tidak tahu atau tidak menjawab. “Mayoritas warga Jabar menilai Jokowi berhasil. 54,9% menjawab sangat berhasil dan cukup berhasil,” kata peneliti Indopolling Network Nasrullah Kusadjibrata di kawasan Cikini, Jakarta Pusat

“Ya itu kan pertama tentu berkat apa yang dilakukan pak Jokowi selama periode pertama, ada kemaslahatan dan kemanfaatan yang dirasakan,” kata Ma’ruf di Rumah Situbondo Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (7/11).

Sementara itu, tingkat kepuasan warga Bumi Pasundan terhadap Jokowi sangat tinggi. Menurut survei yang dilakukan pada 9 – 15 Oktober 2018 ini 55,3% warga Jabar puas dengan kinerja Jokowi.

Selain itu, sistem komunikasi yang diterapkan juga diyakini berhasil mempengaruhi masyarakat. Ditambah adanya dukungan sejumlah ulama di Jawa Barat kepada kubu 01. “Kemudian berkat dukungan para ulama. Dan berkat komunikasi kita. Kita kan komunikasinya dengan cara yang santun, dengan cara menyapa, dengan cara mengajak, tidak dengan cara-cara yang kasar, memaki,” tegasnya.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu mengatakan, bahwa selama ini kubu petahana selalu menerapkan komunikasi santun yang mengedepankan etika. Sehingga wajar jika bisa diterima rakyat dengan baik. “Saya kira kita berlomba saja untuk memengaruhi masyarakat, menarik masyarakat, tapi dengan cara-cara yang elite, cara yang santun, cara yang baik, saya kira nggak ada masalah,” pungkasnya

Comments

comments