Menurut Masyarakat Siapa Sih Yang Pencitraan?

0
36
Menurut Masyarakat Siapa Sih Yang Pencitraan?

Menurut Masyarakat Siapa Sih Yang Pencitraan?

Ternyata penilaian masyarakat terhadap keempat tokoh dalam kontestasi Pilpres 2019, Jokowi – Ma’ruf Amin dinilai responden Alvara sebagai tokoh yang otentik, tidak memoles banyak gincu untuk membangun citra politik. Hingga mereka berdua bertengger di dua posisi atas dalam otentisitas. Jokowi di nomor satu dengan angka 87%, dan Ma’ruf di nomor dua dengan 67,9%.

Prabowo mendapat ranking paling rendah dalam kategori authenticity dengan angka 52,9%. Bahkan pasangannya, Sandiaga Uno, lebih unggul, berada di posisi ketiga dengan angka 57,5%. menunjukan calon presiden nomor 02, Prabowo Subianto, dinilai responden tidak otentik alias tidak tampil tulus dan apa adanya atau melakukan pencitraan berlebihan.

Sementara itu, dalam kepraktisan atau practicality yang diartikan Alvara sebagai tokoh yang dapat menggunakan bahasa secara konkrit, membumi, dan terukur, Jokowi kembali menduduki posisi pertama dengan perolehan 62,4%.

Alvara Research Center menggelar survei nasional pada 8-22 Oktober 2018. Riset ini menggunakan multi-stage random sampling dengan melakukan wawancara terhadap 1.781 responden yang berusia 17 tahun ke atas.

Sampel diambil di seluruh 33 Provinsi di Indonesia, dengan jumlah sampel tiap provinsi proporsional terhadap jumlah penduduk. Provinsi Sulawesi Tengah tidak diikutkan survei karena terkendala dampak gempa bumi di Palu dan sekitarnya. Rentang margin of error sebesar 2,37 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Comments

comments