Meski Tidak Jadi Program Prioritas, Proyek Kereta Api Kalimantan Tetap Jalan

0
832
Meski Tidak Jadi Program Prioritas, Proyek Kereta Api Kalimantan Tetap Jalan

Meski Tidak Jadi Program Prioritas, Proyek Kereta Api Kalimantan Tetap Jalan

Jakarta, Pemerintah memastikan 14 proyek yang dikeluarkan dari daftar proyek strategis nasional (PSN) tetap akan dibangun. Termasuk Proyek Kereta Api Kalimantan. Pasalnya, ke-14 proyek tersebut masih dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 sehingga pembangunannya masih dipastikan bakal berjalan.

Tanpa kita sadari, kereta api adalah pembangkit perekonomian di Indonesia dan di sepanjang daerah yang dilaluinya.

Saudara-saudara kita di luar Jawa dan Sumatera juga mengharapkan hal yang sama. Karena itulah pemerintah bekerja sama dengan beberapa investor akan membangun rel kereta api di Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan bisa membangun jalur rel kereta api sepanjang 2.428 kilometer (km) secara bertahap di Kalimantan.

Pembangunan rel kereta di Kalimantan akan dikerjakan secara beratahap yaitu dari Balikpapan, kemudian Tanjung, lalu Banjarmasin sampai ke Palangkaraya, semua bertahap.

Rencana pembangunan rel kereta api di Kalimantan ini menarik perhatian RZD (Rossiyskie Zheleznye Dorogi) alias Russian Railways.

RZD bersedia berinvestasi di Kalimantan dan membentuk anak perusahaan khusus yang bernama Kereta Api Borneo (KAB). Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek pada Senin (26/10/2015) mengatakan, ini murni investasi dari Rusia, bukan pinjaman.

Dirinya mengatakan sejak September 2014 lalu, PT.KAB sudah mengirimkan 50 pelajar asli Kaltim untuk belajar perkeretaapian di 10 universitas terkemuka di Rusia selama 6 tahun.

Hal ini dilakukan untuk dipersiapkan menjadi staf dan pegawai di PT.KAB. Jalur kereta api di Kalimantan ini akan sangat berguna untuk mengangkut batubara, hasil hutan, dan juga penumpang.

Seperti halnya di Sulawesi, jalur kereta api di Kalimantan ini juga memiliki lebar 1.435mm. Pembangunan jalur ini sudah dimulai pada tahun 2017 lalu.

Pemerintah pastikan 14 proyek yang dikeluarkan dari PSN tetap jalan

Comments

comments