Mudik Gratis Dengan Tol Laut Jakarta Semarang

0
249
Mudik Gratis Dengan Tol Laut Jakarta Semarang

Mudik Gratis Dengan Tol Laut Jakarta Semarang

Jakarta, sebagai wujud kepedulian pemerintah terhadap masyarakat yang melakukan mudik Lebaran, pemerintah melalui Menteri perhubungan mengadakan mudik graris menggunakan kapal laut.

Sebanyak lima belas kapal tol laut digunakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mudik gratis dari Jakarta ke Semarang. Selain itu, Kemenhub juga mengerahkan 1 kapal Roll On-Roll Off (Ro-Ro).

Direktur Perkapalan dan Kepelautan (Dirkapel) Candra Irawan saat sambutan acara pemberangkatan Mudik Gratis di Tanjung Priok mengatakan pemerintah telah menyiapka 16 kapal untuk mudik gratis.

“Kapal yang digunakan ada 16 unit. 1 unit Roro dan 15 Tol Laut yang baru, yang telah selesai di galangan digunakan untuk mudik gratis,” ucap Minggu (10/6/2018).

Kapal untuk mengangkut motor dengan penumpang dibuat terpisah. Hal ini berbeda dengan kapal ferry yang biasa digunakan untuk mengangkut penumpang dan kendaraan dalam satu kapal.

Mudik Gratis Dengan Tol Laut Jakarta Semarang
Mudik Gratis Dengan Tol Laut Jakarta Semarang

Untuk pemudik yang tidak menggunakan kendaraan, disediakan bus Metro Mini menuju kapal Tol Laut yang akan mengangkut mereka. Setelah itu, mereka antre untuk masuk ke kapal.

Pemerintah juga menyediakan beberapa fasilitas, yaitu diantaranya terdapat deretan kasur dua tingkat untuk kenyamanan pemudik

Guna melayani masyarakat, pemerintah juga menyediakan beberapa fasilitas, yaitu diantaranya terdapat deretan kasur dua tingkat untuk kenyamanan pemudik. Ada juga matras yang diletakan di atas lantai. Para pemudik terlihat tidur dan duduk di atas kasur dan matras.

Salah satu pemudik mengatakan sangat puas dengan kerja pemerintah sekarang, yang mau menyediakan moda transportasi laut yang nyaman dan gratis.

“Enak dapat mudik gratis. Ini baru nyoba tahun ini,” ucap Joko saat ditemui di dalam kapal.

Humas Pelni, Ahmad Sujadi menambahkan, para pemudik ini akan mendapat makan gratis selama dalam perjalanan. Tak hanya itu, walaupun mudik menggunakan kapal ini gratis, mereka para pemudik juga mendapatkan asuransi.

Comments

comments