Pemerintah Mimika Telah Terima 536 Miliar Dari Bagi Hasil PT Freeport

0
392
Pemerintah Mimika Telah Terima 536 Miliar Dari Bagi Hasil PT Freeport

Pemerintah Mimika Telah Terima 536 Miliar Dari Bagi Hasil PT Freeport

Pemerintah pusat akhirnya sepakat untuk memberikan 10% saham PT Freeport Indonesia (PTFI) kepada Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Kabupaten Mimika.

Kesepakatan itu ditandai dengan penandatangan perjanjian antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Papua, Pemerintah Kabupaten Mimika, dan PT Inalum (Persero) tentang pengambilan saham divestasi Freeport Indonesia. Porsi 10 persen itu disepakati untuk menyejahterakan kawasan dan warga Papua yang selama ini terdampak kegiatan Freeport.

“Perjanjian yang ditandatangani adalah salah satu langkah maju dan strategis dalam rangka pengambilan saham divestasi PT Freeport Indonesia setelah dicapai kesepakatan antara pemerintah dan PT Freeport Indonesia pada 27 Agustus 2017,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Melalui perjanjian ini, setelah pemerintah merampungkan proses pengambilalihan saham PT Freeport Indonesia sebesar 51 persen dari Freeport McMoran, 10 persennya akan jadi hak warga Papua melalui Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Mimika.

Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua, hingga Agustus ini sudah tiga kali menerima dana bagi hasil royalti PT Freeport Indonesia dengan total penerimaan mencapai Rp 536.457.600.000.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Mimika Dwi Cholifa mengatakan, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK), tahun ini Pemkab Mimika sebagai daerah penghasil akan menerima bagi hasil royalti Freeport sebesar Rp 769 miliar.

Selanjutnya, Pemerintah Provinsi Papua menerima 16 persen, kabupaten/kota lain dalam satu wilayah Provinsi Papua menerima 32 persen, dan sisanya menjadi penerimaan negara (pemerintah pusat).

Selain dari royalti PT Freeport, Pemkab Mimika menerima bagi hasil pajak penghasilan (PPh) karyawan Freeport dan perusahaan subkontraktor Freeport yang tahun ini ditargetkan sebesar lebih dari Rp 160 miliar.

Comments

comments