Pengadaan Alutsista Oleh Pemerintah Guna Penanggulangan Bencana

0
51
Pengadaan Alutsista Oleh Pemerintah Guna Penanggulangan Bencana

Indonesia kerap dilanda bencana alam, dibutuhkan peralatan yang bisa membantu proses evakuasi dan lainnya saat bencana terjadi. Untuk itu Presiden Joko Widodo mengatakan, Indonesia harus memiliki alat utama sistem senjata (alutsista) yang memiliki kemampuan untuk penanggulangan bencana alam.

“Harus ada spek yang melibatkan kemampuan untuk SAR atau bencana alam. Itu perintah presiden,” ujar Kepala Badan Sarana Pertahanan (Kabaranahan) Kementerian Pertahanan, Agus Setiadji di PT Dirgantara Indonesia (DI) Bandung, Selasa (9/1/2018).

Agus menjelaskan, Indonesia butuh peralatan yang bisa membantu proses evakuasi dan lainnya saat bencana terjadi. Penanggulangan bencana yang dimaksud bisa berupa heli angkut untuk bantuan logistik, evakuasi korban bencana, hingga kemampuan untuk memadamkan api di kebakaran hutan.

Alutsita yang tengah dikerjasamakan diantaranya adalah Helikopter H225M konfigurasi Angkut Berat, Integrated Logistic Support untuk TNI AU. Heli angkutan berat ini dibutuhkan karena wilayah Indonesia yang luas. Heli ini akan membantu pengiriman logistik, mendukung Sarnas, dan lainnya.

“Nanti tentunya akan ada skuadron baru. Tempatnya belum ada, nanti lihat geografisnya. Untuk sekarang masih ada skuadron 8,” ungkap Asisten Logistik KASAU, Marsekal Muda TNI Eko Supriyanto.

Comments

comments