Presiden Jokowi Menegaskan Tekad Indonesia Jadi Kekuatan Maritim Dunia

0
17

“Untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, Indonesia aktif memajukan kerja sama maritim di ASEAN, IORA, Pasifik Selatan, PBB, dan berbagai forum internasional,” kata Jokowi dalam pidato pembukaan Our Ocean Conference (OOC) 2018 di Nusa Dua, Bali.

Komitmen Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia kembali ditegaskan. Hal tersebut diungkapkan di depan 1.900 perwakilan dari 70 negara dan beberapa pemimpin negara serta puluhan menteri.

Bisa dicermati dalam empat tahun terakhir, berbagai langkah telah dilaksanakan, termasuk meningkatkan konektivitas melalui tol laut dengan memperkuat armada laut dan pembangunan 477 pelabuhan. Selain itu, pengurangan polusi laut dengan target pengurangan sampah plastik di laut sebesar 70% pada 2025 dan tercapainya kawasan konservasi perairan seluas 20 juta hektare pada 2018.

Presiden menegaskan komitmen itu harus dapat dirasakan masyarakat luas dan berdampak nyata. “Every little action counts. Untuk itu, saya mendorong OOC mengambil langkah guna meningkatkan sinergi yang dilaksanakan tiap-tiap negara,” ujarnya.

“Rawat dan cintailah lautmu, samuderamu, laut adalah masa depanmu. Our ocean, our future our ocean, our legacy,” ucap Jokowi. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan tekad Indonesia menjadi kekuatan maritim dunia.

Comments

comments