Program Mekaar Memajukan Usaha Kecil Menjadi Besar

0
26
Program Mekaar Memajukan Usaha Kecil Menjadi Besar

Presiden RI Joko Widodo mengunjungi Tambora, Jakarta Barat pada Rabu siang (9/1/2019) untuk menyapa para nasabah Mekaar milik BUMN PT Permodalan Nasional Madani (Persero).

Di Tambora, Jokowi meminta kepada para nasabah Mekaar yang merupakan ibu-ibu rumah tangga untuk bisa menaikkan kelas usahanya setelah mendapat bantuan pinjaman dari PNM. Dalam program Mekaar milik PNM ini, para ibu rumah tangga mendapat bantuan modal usaha antara Rp 2-3 juta.

“ini usaha super mikro yang dibantu oleh pemerintah di setiap provinsi. Diharapkan bisa menaikan usaha ibu-ibu semuanya. Jangan sudah dibantu usahanya tetap saja. Kan sudah dibantu Rp 2-3 juta, kalau usaha nasi uduk dibantu Rp 2 juta tambah jualan gorengan, tambah bakso lagi,” kata Jokowi di Tambora, Jakarta, Rabu pekan ini.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga mengajak dialog dengan para penerima modal. Dialog ini selain untuk mengetahui manfaat langsung dari program Mekaar tersebut, juga memberikan motivasi kepada para ibu rumah tangga untuk berwirausaha.

Jokowi juga meminta kepada Account Officer (AO) PNM untuk terus membimbing para panerima program Mekaar ini, supaya tidak hanya memulai usaha, melainkan juga menaikkan kelas usahanya.

“Pinjaman Rp 2-3 juta jangan dipakai untuk beli baju baru atau hp, hati-hati, enggak? Janji ya. Kalau diberi pinjemaan Rp 2 juta, ada dipakai bli hp baru, saya sampaikan stop, kita ingin disiplin,” tegas Jokowi.

Jokowi menyadari, para ibu rumah tangga yang menjadi nasabah Mekaar ini merupakan kelompok masyarakat yang belum bisa tersentuh layanan perbankan.

Oleh karena itu, dengan ada program Mekaar ini, nantinya bisa menjadikan para ibu rumah tangga ini lebih sejahtera, layak perbankan dan otomatis meningkatkan inklusi keuangan RI.

“Saya cek terus, cek terus, kita ingin ini jadi usaha mikro kemudian meningkat lebih atas lagi,” pungkas Jokowi.

Comments

comments