Publisitas Media Asing: Asian Games 2018 Disebut yang Terbaik Sepanjang Sejarah

0
231
Publisitas Media Asing: Asian Games 2018 Disebut yang Terbaik Sepanjang Sejarah

Publisitas Media Asing: Asian Games 2018 Disebut yang Terbaik Sepanjang Sejarah

Asian Games 2018, Jakarta – Palembang yang baru berakhir meninggalkan catatan positif dari sisi penyelenggaraan sampai prestasi. Perhelatan Asian Games 2018 menjadi magnet kalangan media asing. Acara pembukaan yang jadi “world trending”, bersatunya dua Korea dalam naungan bendera unifikasi, kehadiran atlet kelas dunia sampai kehadiran artis K-POP di pentas penutupan, membuat atensi media tertuju ke Asian Games 2018.

Sejumlah rekor dunia, fenomena perenang Jepang yang meraih 6 medali emas, prestasi pebulutangkis Indonesia, Jonatan Christie alias Jojo yang mendobrak dominasi China, skandal memalukan yang menimpa atlet Jepang, hingga pelukan pesilat Hanifan Yudani Kusumah yang mempersatukan Jokowi dan Prabowo. Selama dua pekan ini, sejumlah media asing beramai-ramai menyoroti Indonesia selaku tuan rumah dan salah satu peserta dalam Asian Games 2018.

Presiden OCA (Komite Olimpiade Asia), Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Ahmed Al-Sabah memberikan selamat kepada tuan rumah sebelum menyatakan Asian Games ditutup. “Anda berhasil menyelenggarakannya. Anda membuat mimpi Asia, energi Asia menjadi kenyataan,” kata Sheikh Ahmad Al Fahad Al Sabah, Presiden Dewan Olimpiade Asia kepada massa yang memenuhi Gelora Bung Karno. “Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang, energi Asia, merupakan sukses bersejarah,” tambahnya.

Belum lagi pujian dari Presiden IOC (Kominte Olimpiade Internasional), Thomas Bach, “Karena dengan Asian Games ini, dengan keberhasilan besar ini, Indonesia telah menunjukkan bahwa mereka memiliki semua bahan untuk menyelenggarakan Olimpiade dengan sukses,” puji Thomas. bagian yang paling mengesankan dari kesuksesan Asian Games 2018 adalah orang-orang Indonesia itu sendiri. Menurutnya, Indonesia telah menunjukkan kombinasi hebat dari keramahan dan efisiensi pada saat yang bersamaan.

“Dan itulah Olimpiade. Olimpiade adalah tentang orang-orang. Olimpiade adalah tentang keunggulan dan tentang persahabatan,” ujar Thomas Bach.

Hingga penutupan pada 2 September lalu, semua media asing memberikan tinjauan positif terhadap Indonesia. Mulai dari prestasi perolehan medali yang tak terduga dengan raihan 31 emas hingga efisiensi dan efektifitas Jakarta, Palembang, serta kota-kota di sekitarnya selama bertindak sebagai tuan rumah. Semuanya seolah membantah komentar-komentar nyinyir politisi yang meremehkan kekuatan bangsa ini.

“Dengan tuan rumah Indonesia menyajikan pertunjukkan kelas dunia, meski ada sejumlah kendala logistik dan komunikasi, sesuatu yang selalu ada di setiap perhelatan akbar semacam Olimpiade, Asian Games 2018 telah benar-benar muncul sebagai acara multisport terbesar kedua di dunia. Tidak hanya dalam hal jumlah peserta tetapi juga dalam kualitas atlet dan kemampuan mengorganisasi acara,” tulis Nazvi Careem, jurnalis South China Morning Post (SCMP) dalam artikelnya yang berjudul ‘Asian Games: Sun Yang, Jordan Clarkson and other world-class athletes help Indonesia stage the best Games ever’, seperti dikutip pada Senin (3/9/2018).

“Para sukarelawan Indonesia, yang berjumlah lebih dari 30.000 orang, adalah yang terbaik yang pernah ada dan telah memainkan peranan besar dalam menyukseskan Asian Games,” ungkap Careem.

Tidak ketinggalan surat kabar ternama Amerika Serikat, The New York Times, yang melansir kantor berita AS The Associated Press (AP). Mereka memasang tajuk berjudul: “Asian Games Close: Indonesia Shows It’s the ‘Energy of Asia'”, yang rilis pada 2 September. Indonesia berhasil menunjukkan pada dunia apa itu “The Energy of Asia”, dalam keanekaragaman suku, bahasa dan budaya dengan satu tujuan mensukseskan event olah raga terbesar setelah olimpiade ini.

Surat kabar The New Indian Express menuliskan, “Indonesia mengejutkan banyak penentang dengan menggelar Asian Games yang spektakuler, menggelar upacara penutupan di tengah serangan alam, hujan deras, pada hari terakhir, ketika stadion GBK yang penuh sesak dengan manusia bersama-sama menantang peluang untuk menyambut kesuksesan negara mereka dalam menyelenggarakan the (Asian) Games,” UNI menulis, seperti dilansir The New Indian Express.

Kantor berita India Press Trust of India pun dalam rilisnya memberikan ulasan baik dalam artikelnya yang berjudul “Asian Games 2018: Indonesia bids farewell to 15-day sporting extravaganza”. Indian Express menulis artikel berjudul Magna Jakarta yang menyimpulkan bahwa “Indonesia, sebagai tuan rumah pengganti setelah Vietnam mundur, menyajikan Asian Games yang layak dikenang, atau bahkan malah sempurna.”

Channel News Asia juga menurunkan laporan dengan pesan serupa, bahwa “Indonesia telah membantah keraguan dengan menyelenggarakan Games yang lancar, dan dengan 17.000 atlet serta official, ini adalah ajang olahraga terbesar kedua setelah Olimpiade.”

The Straits Times Singapura menulis, “Terima kasih Indonesia” dalam a soal penutupan Asian Games.

“Sama dengan atlet, (Asian) Games butuh waktu untuk melakukan pemanasan, tapi ada beberapa hal yang tak terlupakan. Suara-suara di Istora saat (pertandingan) badminton, senyum para relawan, keramahan penduduk setempat dan keanggunan perenang Rikiko Ikee (yang meraih penghargaan MVP Asian Games),” tulis The Straits Times.

Siapa yang tidak bangga dengan berbagai pujian dari mancanegara tersebut? Hanya orang-orang yang hatinya penuh kedengkian saja yang tidak merasa bangga. Jadi….

Siapa KIta ?!! …..
I N D O N E S I A !!!

https://www.scmp.com/sport/china/article/2162390/asian-games-sun-yang-jordan-clarkson-and-other-world-class-athletes-help
https://www.nytimes.com/aponline/2018/09/02/world/asia/ap-asian-games-closing-ceremony.html
https://www.straitstimes.com/sport/asian-games-two-week-tournament-comes-to-a-close-with-china-topping-medal-tally
http://www.newindianexpress.com/sport/asian-games/news/2018/sep/02/indonesia-bids-emotional-farewell-to-asian-games-2018-with-fabulous-closing-ceremony-1866593.html
https://www.channelnewsasia.com/news/sport/olympic-dreams-as-asian-games-close-in-jakarta-10677332
https://apnews.com/ed12770124d741f0b961f04acfe61494

Comments

comments