Rumah Aspirasi Jokowi Menampung Semua Kalangan

0
34
Rumah Aspirasi Jokowi Menampung Semua Kalangan

Rumah Aspirasi Jokowi Menampung Semua Kalangan

Tanggal 4 November 2018 akan tercatat sebagai hari resmi penggunaan Rumah Aspirasi Rakyat. Rumah Aspirasi Rakyat Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Maruf Amin yang berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat, ini akan menjadi wadah berbagai kegiatan positif dan menghindari politik keras.

Untuk menyesuaikan dengan keadaan saat ini, rumah yang juga menjadi posko pemenangan itu didekorasi ala kafe kekinian. Warna karpet senada dengan baju relawan, yakni serba merah dan putih. Dekorasi tersebut menyiratkan gagasan yang sesuai dengan sasaran calon pemimpin RI nomor urut I pada kampanye Pilpres 2019.

KH Ma’ruf Amin yang juga menjadi Calon Wakil Presiden nomor 01 ikut hadir dalam acara ini bersama Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto, dan Kepala Kantor Rumah Aspirasi Rakyat¬†#01¬†Deddy Yevri Sitorus serta pejabat lain. Deddy menyampaikan rumah ini adalah pusat kegiatan positif, terutama bagi mereka yang tak ingin berpolitik keras di masa kampanye Pilpres.

Sesuai fungsinya, rumah ini akan menyediakan berbagai kegiatan, dari Selasa hingga Minggu. Kegiatan berupa penyerapan aspirasi, seperti diskusi atau pentas kebudayaan dan seni yang bisa dinikmati berbagai kalangan. Misalnya Selasa, rumah ini akan menyediakan ruang untuk diskusi politik dan penyampaikan informasi mengenai demokrasi, pemerintahan, dan pemilu.

Kemudian hari Rabu, terdapat kegiatan seni dan budaya. Sehari kemudian, akan dinobatkan sebagai ‘Hari Pintar Bareng’ melalui diskusi tentang kemajuan sains dan teknologi. Pada Kamis malam juga akan diadakan pengajian bersama dari satu Rukun Tetangga (RT). Adapun Jumat, kelompok masyarakat dan komunitas akan diberikan panggung untuk pentas musik.

Sedangkan khusus untuk kalangan milenials, hari Sabtu adalah hari yang pas untuk milenials. Topik yang akan dipilih tak jauh-jauh dari startup, teknologi dan topik kekinian lain. Perempuan juga mendapat perhatian khusus pada Minggu, kaum perempuan akan diberi wadah untuk melakukan berbagai aktivitas, mulai dari senam pagi sampai aktivitas malam.

Kyai Ma’ruf menyampaikan apresiasinya terhadap pendirian Rumah Aspirasi Rakyat. Menurut dia, rumah itu penting untuk meningkatkan komunikasi dengan berbagai pihak. Terutama untuk mencapai perubahan Indonesia yang lebih baik.

“Kami ingin ke depan perubahan itu lebih besar dan ingin melibatkan masyakarat, baik sifatnya dalam menyampaikan apresiasi dalam rangka menambah program-program yang lebih aspiratif. Dalam rangka melakukan adjustment terhadap perubahan yang perlu diperbaiki,” papar Ma’ruf.

Comments

comments