Satu Lagi Untuk Jawa Barat “Terowongan Cisumdawu”

0
310
Satu Lagi Untuk Jawa Barat "Terowongan Cisumdawu"

Satu Lagi Untuk Jawa Barat “Terowongan Cisumdawu”

Sumedang, pembangunan proyek jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dibangun menembus bukit, untuk menghindari jalanan yang rawan lonsor.

Terowongan itu dilengkapi dengan dua terowongan kembar dengan panjang masing-masing 472 meter, dibangun di Desa Cilengser, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Basuki Hadimuljono mengatakan terowongan sebelah kiri ditargetkan bisa selesai pada Agustus 2018 sedangkan sebelah kanan pada Desember 2018.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ditempat lokasi mengatakan terowongan yang sebelah kiri akan rampung Agustus nanti, sedangkan yang bagian kanan akan rampung Desember.

Satu Lagi Untuk Jawa Barat “Terowongan Cisumdawu”

“Ini yang kiri sudah sekitar 380 meter, mungkin Agustus tembus. 3 bulan lagi. Kalau yang kanan itu sudah sekitar 290 meter mudah-mudahan bisa selesai Desember,” ujarnya di lokasi proyek terowongan, Kamis (26/4/2018).

Terowongan kembar ini termasuk ke dalam seksi 2 (Rancakalong-Sumedang) tepatnya di fase 2 (Ciherang-Sumedang) tol Cisumdawu yang dibangun oleh pemerintah dengan biaya Rp 890 miliar.

Dalam kesempatan itu Basuki mengatakan terdapat sedikit kendala dalam pembangunan terowongan ini, kendalanya adalah tanah di tunnel sporadic vulcanic breccia atau rawan mengalami keruntuhan atau kelongsoran.

Pihaknya mengatakan, karena ada beberapa titik yang rawan longsor itulah yang menjdi kendala tersebut, Namun ia mengatakan pihaknya sudah bisa mengatasi hal tersebut.

“Karena kondisi tanahnya, di tengah2 dijumpai volkanik breksi yang lebih porus sehingga kalau dikeruk mudah longsor dan airnya mengalir terus karena lempungan, jadi lebih hati-hatu dan progresnya lebih pelan, tapi buat saya tidak masalah,” tuturnya.

Terowongan Tol Cisumdawu direncanakan dapat selesai Pada 17 Agustus 2018 sebagai hadiah Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Agar terowonganitu dapat selesai sesuai target, proses pengerjaannya dilakukan selama 24 jam.

Baca Juga : 

Tol Brebes Pemalang Siap, Pemudik Dapat Lewat Tol Sampai Semarang

Targetkan Selesai Pertengahan 2018, LRT Palembang Akan Diresmikan Juli Tahun Ini

Pemerintah Memastikan Tenaga Honorer Juga Mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR)

Comments

comments