Sertifikat Halal Jadi Kekuatan Daya Saing UMKM

0
17

KH Ma’ruf Amin mengharapkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan sertifikasi halal menjadi kekuatan baru dari ekonomi nasional Indonesia. Menurutnya, UMKM sesuai dengan gagasan arus baru ekonomi Indonesia yang diartikannya sebagai pergerakan ekonomi yang bergerak dari bawah.

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang sudah memiliki sertifikat halal dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan diberi pendampingan oleh Aladdin Street. Supaya produk-produk UMKM bisa go Internasional.

KH Ma’ruf Amin menilai pentingnya sertifikasi halal bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Saat ini tercatat dari 4 juta jumlah UMKM di Indonesia, hanya 40.256 UMKM yang telah bersertifikat halal.

“Sertifikat halal menjadi salah satu kekuatan daya saing UMKM, karena tuntutan konsumen akan ketersediaan pangan halal semakin meningkat,” kata dia, Jakarta, Kamis (1/11/2018). Bagi para pelaku usaha, sertifikat halal MUI juga menjadi nilai tambah, seiring dengan tumbuhnya industri makanan minuman dan obat-obatan di Indonesia.

Comments

comments