Targetkan Selesai Pertengahan 2018, LRT Palembang Akan Diresmikan Juli Tahun Ini

0
563
Pemerataan Pembangunan Jokowi Resmikan Kereta Bandara Minangkabau Ekspres

Targetkan Selesai Pertengahan 2018, LRT Palembang Akan Diresmikan Juli Tahun Ini

Presiden Joko Widodo meminta kepada seluruh pihak untuk terus memantau perkembangan pembangunan Light Rail Transit (LRT) di Jakarta maupun di Palembang. Menurut Jokowi, perkembangan pembangunan LRT itu perlu terus dirapatkan, karena apapun setiap pembangunan infrastruktur harus dicek terus, cek terus, dan dicek lagi. Target ini seiring dengan target operasional Asian Games, di tahun yang sama.

“Apa yang menjadi hambatan, kendala yang ada di lapangan, apakah terkait dengan pembebasan lahan, apakah terkait dengan pembiayaan, ataupun tata ruang, sampai soal mengenai infrastruktur pendukung, dan segera dicarikan jalan keluarnya,” tutur Jokowi

Pemerintah sudah menunjuk PT Waskita Karya (Tbk) sebagai penggarap proyek ini. Bagian yang menjadi garapan Waskita adalah pembangunan jalur, termasuk konstruksi jalur layang, stasiun, dan fasilitas operasi.

Sebagai pendukung, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah meneken Peraturan Presiden Nomor 116 Tahun 2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan Kereta Api Ringan/ Light Rail Transit (LRT) di Provinsi Sumatera Selatan, 20 Oktober 2015.

Dalam Peraturan itu, Jokowi juga menugaskan lembaga lain untuk memperlancar proyek LRT Palembang ini. Presiden menugaskan Kepada Kementerian BUMN untuk mengawasi dan mengkooudinir BUMN dalam pembangunannya.

Kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jokowi memerintahkan pemberian izin dan persetujuan pemanfaatan lahan. Soal lahan, Menteri Agraria ia perintahkan menyesuaikan Tata Ruang dan menyediakan lahan yang dibutuhkan. Penyesuaian tata ruang itu juga ia perintahkan kepada pemerintah lokal.Untuk meningkatkan kualitas.

Kementrian Perhubungan, diperintahkan mengawasi pekerjaan Waskita. Pengadaan proyek ini, menurut Setkab, Kementerian diberikan wewenang untuk menunjuk langsung. Kelak, jika sudah jadi, maka PT KAI, akan diserahi untuk mengoperasikan, merawat dan mengusahakan kereta ini.

LRT ini nantinya akan membentang dari Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II hingga Ogan Permata Indah. Dua objek vital yang dilalui diantaranya adalah Masjid Agung Palembang dan Jakabaring Sport City.

Dalam Peraturan itu juga ditegaskan, PT Waskita Karya (Persero) Tbk diberi kemudahan izin, keringanan biaya, pembebasan biaya perizinan, keringanan biaya perizinan, serta fasilitas perpajakan dan kepabeanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Palembang menyusul Jakarta sebagai kota yang akan memiliki layanan transportasi massal LRT. Menurut detik.com, dua kota lain yang direncanakan memiliki mode transportasi ini adalah Bandung dan Surabaya.

Baca Juga : 

Bangga LRT Pertama Buatan INKA Indonesia Akan Segera Beroprasi Di Palembang

Kerja Nyata Jokowi LRT Akhrinya Hadir Di Jakarta

Pemerataan Pembangunan Jokowi Resmikan Kereta Bandara Minangkabau Ekspres

 

Comments

comments