Timses Jokowi Siap Mengikuti Undangan Tes Baca Alquran Di Aceh

0
60
Timses Jokowi Siap Mengikuti Undangan Tes Baca Alquran Di Aceh

Timses Jokowi Siap Mengikuti Undangan Tes Baca Alquran Di Ace

Maraknya isu tentang politik identitas membuat Dewan Ikatan Dai Aceh (DIDA) menggelar tes membaca Alquran yang ditujukan untuk pasangan calon presiden dan wakilnya.

Rencananya, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang bertarung di Pilpres 2019 akan diundang DIDA untuk mengikuti tes baca Alquran. Tes tersebut diharapkan bisa menyudahi politik identitas yang marak belakangan ini.

“Untuk mengakhiri polemik keislaman capres dan cawapres, kami mengusulkan tes baca Alquran kepada kedua pasangan calon,” kata Ketua Dewan Pimpinan Ikatan Da’i Aceh, Tgk Marsyuddin Ishak di Banda Aceh, Sabtu (29/12).

Marsyuddin mengungkapkan pihaknya ingin turut berperan serta dalam pesta demokrasi lima tahunan ini, sebagai organisasi yang fokus pada pengembangan dakwah dan syiar Islam dirinya merasa hal ini perlu untuk dilakukan.

“Tes membaca Al Quran akan dilaksanakan di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh pada tanggal 15 Januari 2019,” kata Ketua Dewan Ikatan Da’i Aceh.

Tes baca Alquran di provinsi Aceh bukan hal baru. Sebelumnya, tes ini telah diberlakukan kepada calon anggota DPR Provinsi Aceh (DPRA) dan DPRD kabupaten/kota di Aceh (DPRK). Masyuddin mengatakan, hasil tes membaca Alquran ini tidak akan mempengaruhi keputusan KPU, namun setidaknya masyarakat dapat mengetahui sejauh mana pemimpin kita dalam menjalankan syariah islam yang baik.

Bedanya, tes bagi calon anggota DPRA dan DPRK itu menjadi aturan yang wajib dijalankan. Kewajiban itu membuat sejumlah bakal caleg DPRA dan DPRK Aceh gugur. Mereka tidak bisa bertarung di Pemilu 2019 karena tidak lulus tes kemampuan membaca Alquran.

Sementara itu, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Arya mengatakan pihaknya bisa memahami alur pikir Ikatan Dai Aceh mengeluarkan tantangan itu. Di provinsi yang dijuluki serambi Mekkah itu syarat untuk bisa menjadi pemimpinnya adalah bisa membaca Alquran dan mengaji.

“Kami yakin Pak Jokowi siap. Bahkan kalau kubu Prabowo meminta, misalnya, dibuat tertutup dan hanya didengarkan oleh para juri, itu pun kita bersedia,” ujar Arya.

Para Ormas lainnya di sejumlah daerah di Indonesia juga sudah lebih dulu mengusulkan uji membaca Alquran bagi capres dan cawapres.

Comments

comments