Tol Gempol-Pasuruan Diresmikan Waktu Tempuh Surabaya Pasuruan Haya 1 Jam

0
1453

Jakarta, jarak tempun dari Surabaya-Pasuruan dan sebaliknya sekarang menjadi lebih pendek, dari estimasi jarak tempuh saat tidak ada jalan tol yaitu 2 jam, kini dapat ditempuh hanya dalam waktu 1 jam saja, bahkan kurang.

Jalan tol Gempol-Pasuruan Seksi II yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada hari Jumat (22/6/2018) lalu, membuat waktu tempuh Pasuruan-Surabaya maupun sebaliknya bisa dipersingkat hingga 50 persen.

Kepala Badan Pengaturan Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Herry Trisaputra Zuna, mengatakan ‎jika selama ini perjalanan dari Surabaya ke Pasuruan maupun sebaliknya memakan waktu lebih dari 2 jam.

Namun sekarang dengan adanya ruas tol tersebut, waktu tempuh kedua wilayah tersebut bisa dipersingkat hingga kurang dari 1 jam.

“Untuk waktu, kalau di tol kecepatan bisa 80 km per jam, kalau di jalan biasa 40 km per jam. Jadi bisa dua kali lipat lebih cepat. Kalau Surabaya ke Pasuruan bisa 2 jam lebih, ini bisa tidak sampai 1 jam,” ujar dia di Jakarta, Jumat (22/6/2018).

Herry lebih lanjut mengatakan, keberadaan jalan tol membuat jarak antara Surabaya dan Pasuruan tersebut semakin dekat. Hal ini diharapkan membawa dampak positif bagi perekonomian di kedua ‎kota tersebut.

“Artinya dengan ini terhubung, interaksi antara Pasuruan dengan Surabaya sebagai tujuan kan semakin dekat. Jadi metropolitan termasuk Surabaya itu diikat menjadi satu kawasan, termasuk kota satelitnya. Menjadi lebih dekat, dengan jarak sekitar 50 km sampai ke surabaya waktunya menjadi lebih terukur,” tutup dia.

Comments

comments