Jokowi Minta Seluruh Kementrian Punya Program Pengembangan SDM

0
17

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan kepada seluruh menteri kabinet kerja untuk mengubah fokus kerja di tahun 2019.

Dalam pembukaan sidang kabinet paripurna (SKP) tentang capaian tahun ke4 RPJMN 2015-2019, Jokowi ingin rencana kerja setiap kementerian fokusnya pembangunan sumber daya manusia (SDM).

“Seperti yang sudah saya sampaikan baik dalam rapat terbatas, maupun rapat paripurna bahwa tahun 2019 kita akan melakukan pergeseran strategi untuk masuk ke program pembangunan SDM,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Ia juga bilang, beberapa program terkait pembinaan SDM di beberapa kementerian harus sudah mulai dilakukan awal tahun depan. Contohnya, program balai latihan di 1.000 pondok pesantren yang rencananya diinisasi oleh Kementerian Ketenagakerjaan.

Selain itu, ia juga meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melakukan sertifikasi teknis lebih awal.

“Saya juga minta Kementerian Pertanian untuk mengirim beberapa ratus Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) untuk training ke luar negeri. Hubungan Kementan dan Taiwan sudah bagus, di sana sisi pertanian juga cukup bagus,” katanya.

Jika program-program ini berjalan cepat, ia berharap pemerintah bisa menetapkan strategi berikutnya kalau ternyata program ini tak sesuai harapan.

“Pertengahan tahun akan kami evaluasi mana yang bagus untuk upgrading skill (pembaruan keahlian) dan meningkatkan produktivitas,” jelas Jokowi.

Comments

comments